Pages

Jun 12, 2011

Perlu ga ya lepas baterai laptop

Oleh-oleh dari jalan-jalan sore tadi, baca artikelnya mas bowo yang kebetulan pas pernah ada yang nanyain seputar baterai laptop. Saat ini laptop-laptop terbaru mempunyai control baterai artinya "jika pengisian baterai full, baterai akan berhenti mengisi (stop charging/stand by) jadi laptop dialihkan sumbernya memakai power dari listrik meskipun adaptor tidak dilepas. Banyak teman-teman yang berpendapat kalau mau pakai laptop dalam waktu lama mending dilepas saja baterainya, namun ada kasus, karena sering memakai laptop dengan melepas baterai berakibat rusak pada mainboard nya dan bisa diperhitungkan kira-kira berapa harga untuk memperbaikinya yang pasti mahal bila dibanding dengan membeli baterai baru. ^.^
Teman-teman jika pas nge-cash baterai laptop lalu sudah penuh, biarkan saja tidak usah dicabut adaptornya karena setiap baterai itu mempunyai cycle count, semakin sering charging (pengisian) lalu discharging (pengosongan) secara otomatis akan mengurangi cycle count dari baterai itu sendiri, jika sudah melebihi dari batas yang ditentukan ya bisa jadi itu yang menyebabkan baterai teman-teman gampang drop.
Dan alakah baiknya untuk menginstal sofware yang memang dirancang khusus untuk mengecek dan melihat detail daya baterai pada laptop kita. Bisa langsung di download disini.

0 comments:

Post a Comment